20 Januari 2018

Update Jalan & Jajan Ke Kota Bogor


Artikel ini adalah artikel unggulan berdasarkan survey Google, bila memasukkan kata kunci yang ada kata-kata jalan-jajan-Bogor, biasanya masih nyangkut di maksimal halaman 3 dalam index pencarian Google, padahal sudah lama banget ya informasi seputar Bogor ini belum di update.




So, mumpung lagi ada waktu nulis saya update artikel ini mudah-mudahan berguna untuk rekan-rekan semua.





Sudah ada perubahan nih, depan Tugu Kujang ini sekarang ada seperti Gerbang gitu ya, itu namanya "Lawang Salapan". Tiang gerbang itu memang ada 9, dan 9 bahasa Sundanya itu Salapan!


Perubahan Major lainnya di sekitar Tugu ini adalah sistem Satu Jalur! Ya, sebelumnya semua kendaraan baik umum ataupun pribadi dari Tugu Kujang ini bisa ke arah bawah langsung ke Pasar Bogor via Jalan Otista atau bisa ke kanan mengelilingi Kebun Raya lewat Jalan Pajajaran.

Sekarang mulai tahun 2016 lalu semua jalur satu arah, semua harus ke bawah ke arah Pasar Bogor, di sediakan putaran di Tugu Kujang ini untuk anda yang akan putar balik ke arah Terminal Bis kembali.




Jadi sampai anda ngelilingi Kebun Raya Bogor ini jalurnya tetap satu arah ya, sampai kembali lagi ke jalan yang ada tugu Kujang tadi.


Previous post:
MENCAPAI KOTA BOGOR
Semua tujuan untuk ke kota Bogor ini saya ambil dengan patokan dari Jakarta.

Ke Bogor memakai Bis Umum
Bis umum yang langsung ke kota Bogor dilayani dari wilayah Jakarta Timur (Terminal Kampung Rambutan dan Terminal Pulogadung), Jakarta Barat (Terminal Kali Deres), Jakarta Utara (Terminal Tanjung Priok), sedangkan Jakarta Selatan dilayani dari Terminal Lebak bulus, juga dilayani dengan Shuttle Bus Damri dari Bandara Soekarno Hatta.


Dari Terminal Kp. Rambutan bis jurusan Bogor akan memutar di putaran Pasar Rebo sebelum masuk Tol JORR dan nyambung masuk Tol Jagorawi. Selain bis yang memang berasal dari Terminal, di putaran Pasar Rebo ini juga berkumpul bis-bis ke Bogor yang berasal dari tujuan Bogor-Bekasi dan Bogor Cikarang. Tarif Rp 7.000 dengan bis AC atau  Rp 5500 dengan bis non AC.

Dari Terminal Pulogadung bis akan melewati depan Pusat Grosir Cempaka Mas/Gudang Garam sebelum masuk tol dalam kota dan nyambung masuk Tol Jagorawi. Naik dari Terminal atau depan Cempaka Mas sama tarifnya yaitu  Rp 12.000 untuk bis AC.
Dari Terminal Kali Deres bis keluar tol dulu di depan Jakarta Desain Center (slipi), jalan pelan-pelan sambil nyari penumpang sampai akhirnya masuk ke Tol dalam kota depan Hotel Kartika Chandra/Planet Hollywood, lalu nyambung masuk Tol Jagorawi. Naik dimanapun tarif sama-Tarif Rp 12.000.

Dari Terminal Tanjung Priok, bis tidak langsung masuk Tol, tapi berjalan dengan pelan sepanjang jalan dibawah fly over Priok, melewati depan Kelapa Gading, Pusat Grosir Cempaka Mas sebelum masuk tol dalam kota dan nyambung masuk Tol Jagorawi. Jadi kalau kita menunggu dibawah fly over sebelah Timur Cempaka Mas/ Gudang Garam kita bisa naik bis Jurusan Pl.Gadung-Bogor ataupun Tj.Priok-Bogor dengan tarif yang sama yaitu Rp 12.000 untuk bis AC.
  
Update
Semua rute Bus di atas masih update kecuali tarifnya, silahkan tanya saja ke kondekturnya ya, saya sudah lama tidak naik bis lagi.
Previous post:
Ke Bogor memakai angkutan Kereta Listrik
Stasiun-stasiun yang dilewati KRL tujuan Bogor-Jakarta adalah sebagai berikut:
Stasiun KOTA - JAYAKARTA - MANGGA BESAR - SAWAH BESAR - JUANDA - GAMBIR - GONDANGDIA - CIKINI - MANGGARAI - TEBET - CAWANG - DUREN KALIBATA - PASAR MINGGU -  TANJUNG BARAT- LENTENG AGUNG - UNIV PANCASILA- UI - DEPOK BARU - DEPOK LAMA - CITAYAM - BOJONG GEDE - CILEBUT – BOGOR
Ada tiga pilihan KRL yang dapat digunakan yaitu:
  1. KRL Ekonomi Non AC, akan berhenti disetiap stasiun dengan lama perjalanan dari Stasiun Kota ke Stasiun Bogor  sekitar 2 jam. Tarif Rp 2000 dengan catatan KRL ini sangat tidak nyaman, pengamen, pengemis, dan pedagang asongan bebas masuk dan semua tidak berhenti lalu lalang mulai dari Stasiun Kota sampai di  Stasiun Bogor :(
  2. KRL Ekonomi AC akan berhenti disetiap stasiun. Tarif Rp 5500 dengan catatan KRL ini walau penuh dijamin tidak ada lagi pengamen, pengemis, atau asongan. Walau penuh cukup teredam dengan dinginnya AC malah kadang-kadang AC dan kipas anginnya ON kedua-duanya, tapi waktu tempuhnya sama dengan KRL Non AC yaitu sekitar 2 jam.
  3. KRL AC Pakuan Express dengan tarif Rp 11.000 waktu tempuh kira-kira 75 menit karena non stop tidak berhenti, kecuali di Stasiun Gambir  dan  pada jam tertentu di sore hari akan berhenti juga di St. Bojong Gede dulu sebelum langsung berangkat ke Stasiun Bogor. 

Update
Sekarang hanya ada 1 jenis KRL yang melayani rute Jakarta-Bogor, namanya Commuter Line.

Ada plus minusnya. Yang menjadi plusnya sekarang sudah tidak ada lagi KRL Ekonomi yang kayanya sudah tidak layak lagi dioperasikan sudah 72 tahun merdeka masa masih mau pake KRL gembel gitu. Commuter line full AC, walau berdesak-desakan saat jam sibuk 'agak' mendingan lah kalo ingat dulu ada KRL Ekonomi yang lebih ancur. Minusnya ya itu, karena tidak ada lagi yang ekspress, perjalanan KRL Jakarta-Bogor ini walau KRLnya AC harus berhenti di semua stasiun.




Dari Stasiun Bogor juga sekarang ada loh kereta diesel yang ke Sukabumi, namanya KA Pangrango. Naiknya di Stasiun Paledang, Anda keluar dulu dari Stasiun Bogor, ikutin aja arah rel yang ke arah depan (berlawanan) nanti akan ketemu yang namanya Stasiun Paledang.

Ke Bogor dari Bandara Soekarno-Hatta
Shuttle bis dari Ke Bogor dari Bandara Soekarno-Hatta dilayani sejak Pagi sampai sekitar pukul 21.00. Tetapi jadwalnya tidak pasti sebab bisnya kadangkala ada yang ngetem di Bandara atau malah harus menunggu bis yang datang dari Bogor (dari Bogor jadwal bis damri ke bandara  adalah 04.00-18.00). Tarif Rp 25.000.

Update
Dari pangkalan Damri di Mall Botani Square kini ke Airport Soekarno-Hatta berangkat paling pagi mulai jam 02.00, dan yang terakhir jam 20.00. Armada Damri yang Premium dengan free Wifi ongkosnya Rp 75.000/orang.

Oh iya ada juga Damri yang melayani rute Bogor-Airport Halim yang dilayani dengan armada mobil Elf.

Untuk trayek Angkot dari mulai turun di Terminal Bogor dan anda hanya akan ke seputar Kebun Raya saja sekarang bisa naik angkot nomer berapa saja kecuali angkot nomer 01, karena sistem satu jalur sekerang semua angkot melalui trayek yang sama sampai pertigaan di Jalan Mayor Oking.

Trayek angkot dari depan Terminal Bogor:
01: Barangsiang-Ciawi
      Trayek dari depan Terminal Bis muter di Tugu Kujang lalu ke Ciawi melewati Mall Ekalokasari
      dan Tajur. Naik ini bila akan coba makan di Gili-Gili Resto, Belanja ke Tas Tajur, dan ke Mall 
      Ekalokasari. Berguna juga bila anda akan nyambung ke Puncak via Cisarua dan Sukabumi via
      Cicurug. Caranya naik angkot 01 turun di depan Mall Ekalokasari dari situ banyak angkot
      jurusan Cisarua dan Cicurug, dan angkotnya banyak gak perlu ngetem sampai penuh untuk
      berangkat.
03: Baranangsiang-Bubulak 
      Trayek dari Terminal Bis ke bawah ke Jalan Otista menyusuri jalan satu arah tadi sampai 
      pertigaan lampu merah istana Bogor, belok kiri ke arah Stasiun KA, Jembatan Merah, sampai 
      perhentian terakhir di Terminal Bubulak. Berguna bila anda akan menuju Istana Bogor, Stasiun
      KA Bogor dan mau ke IPB Darmaga. Yang mau ke IPB dari Terminal Bubulak tinggal naik
      angkot sekali lagi jurusan Kampus Dalam.
06: Baranangsiang-Ciheuleut
      Trayek dari Terminal Bis ke bawah ke Jalan Otista menyusuri jalan satu arah tadi sampai kembali 
      lagi ke Tugu Kujang lanjut ke Mesjid Raya Bogor dan masuk ke Jalan Ciheuleut. Berguna bila
      anda akan menuju Istana Bogor, makan di Resto de Leuit, ke Hotel Amaris Pakuan, Izzi Hotel,
      ke Kampus Universitas Pakuan dan Kampus SMAKBO. Rute terakhir di Kampus Pakuan.
09: Sukasari-Warung Jambu
      Trayek angkot ini cukup panjang mulai dari depan Mall Ekalokasari, lewat juga Terminal Bis,
      keliling Kebun Raya-menyusuri Jalan Raya Pajajaran, masuk ke Bangbarung sampai akhirnya ke
      Warung Jambu. Berguna bila anda akan ke Istana Bogor, Hotel Salak The Heritage, ke Taman
      Kencana, belanja di FO di Jalan Pajajaran, Hotel Mirah Bogor, Macaroni Schottel, Lasagna
      Panggang, Pia Apple Pie, Kedai Kita, Resto Bumi Aki Bogor, Sushi Tei Bogor, area kuliner
      Bangbarung seperti Bakso Boboho, Bakso Sesuseupan, Es Duren Lodaya, Bakso Gulung Bogor,
      steak Abuba, dll. Kalo mau ke Lemon Grass juga bisa, tapi harus jalan sedikit, bisa turun di                depan Jalan Bangbarung dulu bila akan ke Lemon Grass.

Semua angkot tarifnya sama Jauh-Dekat Rp 3500/orang, kecuali 03 bila sampai Ke Terminal Bubulak Rp 5000 soale tuh angkot rute trayeknya jauh banget.

Oh ya, sekarang kalo di Bogor kota aplikasi transport online sudah ada juga. Gojek, Grab, dan Uber baik yang ojek ataupun mobil sudah ada. Silahkan di pilih saja yang mana yang sukanya.





Update Kawasan Tas Tajur

Previous post:


Update:

Tas Tajur yang masih bertahan sekarang hanya tinggal Terminal Tas, mungkin sudah habis masa jayanya sudah banyak toko Tas Tajur yang tutup dan beralih fungsi.

Update Kawasan SKI Katulampa
Yang berubah dari tempat ini, pintu masuknya sudah memakai jasa parkir profesional. Kawasan di sini relatif masih ramai dibandingkan dengan Tajur.


Kawasan ini masih ramai, karena dapat menjadi arena rekreasi keluarga yang murah meriah, bebas biaya masuk, hanya parkir saja, itupun tarif parkir flat, sepuasnya. Motor Rp 2.000, mobil Rp 5.000.


Tempatnya memang di desain agar menarik minta menjadi wisata keluarga, sambil berjualan tas, mengembangkan bisnis kuliner juga menjual tiket wahana permainan.


 Katulampa 2010
Katulampa 2017

Untuk kawasan SKI Tajur akan saya sharing di posting khusus nanti ya, tunggu aja.

Update Kawasan Jalan Pajajaran



Sekarang sepanjang Pajajaran sudah tidak boleh lagi ada Kaki Lima, Bogor kota sekarang macet cyiin. Jalan udah dilebarin, kaki lima digusurin kalau weekend tetep aja macetnya parah apalagi di sepanjang Jalan Pajajaran ini sampai ke arah Tajur duh macceettt.

Jalan Pajajaran sekarang bersih tidak ada lagi Cafe Tenda

Update Kawasan Taman Kencana

Taman Kencana sebagai taman di tengah kota yang terbuka untuk umum sekarang sudah di tata dengan rapi. Bisa jadi tempat area bermain gratis dengan anak-anak.

Taman Kencana 2010


Taman Kencana 2017

 Yang baru di Taman Kencana: Hotel Salak Tower & Warunk Up Normal

Sebelum ke Taman Kencana, ada kawasan Sempur yang sekarang sudah di tata jadi bagus juga dan Instagramable juga buat foto-foto. Sekarang jadi tempat favorit untuk lari pagi di Bogor.







Yang unik tulisan SEMPUR nya itu catnya berubah-rubah terus mengikuti tema, Waktu lapangan sempur mau di pake acara keagamaan catnya warna putih, Agustusan warna Merah-Putih, sekarang udah mau valentine kali ya, catnya udah ganti lagi jadi Pink-Putih. 



Update V Point dan Plaza Ekalokasari

Ruko V Point & Plaza Ekalokasari 2010

V Point 2017

Tidak ada yang berubah hanya update harga makanan saja yang berubah. 
O iya Roti Unyil tempatnya hanya satu-satunya di sini tidak buka cabang, kalau Asinan Gedung Dalam pusatnya tetap di Sukasari, di sini cabangnya saja.

Roti Unyil





Harga updatenya sekarang sudah Rp 1.500/potong. Saya selain yang isi daging-dagingan, paling favorit yang rasa jagung susu.


Asinan Bogor Gedung Dalam



Harga asinan gedung dalam sekarang sudah Rp 28.000/bungkus all variant. Favorit saya sih yang asinan sayur kalau istri yang asinan buah, emang mantap asinan ini bikin di rumah bagaimanapun agak sulit menyaingi rasa segarnya.


Plaza Ekalokasari


Plaza Ekalokasari namanya sekarang ada tambahan namanya jadi  Lippo Plaza Ekalokasari. Mall ini sudah ramah keluarga. Bagus juga adanya persaingan dengan toko online, mall jadi lebih berbenah diri agar orang-orang pada mau berkunjung. Dulu mah ke Mall duduk aja susah, tempat duduk tidak disediakan, sekarang mah malah ada wahana bermain anak gratis segala. Area foodcourt juga di bikin menarik dengan penempatan di rooftop indoor, jadi bagus juga kan untuk foto-foto, he..he..he.









Update Kawasan Jalan Ir H Juanda
Jalan ini adalah Jalan seputaran Kebun Raya. Sudah cantik sekarang, trotoarnya juga lega, ada jalur khusus sepedanya juga loh.






Update Kawasan Jl Suryakencana-Sukasari

Tidak ada yang baru di kawasan ini, di Gang Aut masih rame aja orang-orang masih belum bosen untuk jajan di sini. 




Kalo cari pisang tanduk, talas, asinan gedung dalam di Sukasari tempatnya.




Posting berikutnya nanti akan saya sharing Cafe dan tempat makan yang lagi ngehits di Bogor. Tunggu ya.





Demikian, mudah-mudahan bermanfaat untuk yang cari-cari informasi tentang Jalan & Jajan ke kota Bogor.

Salam,
Beny Satyahadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar