12 November 2010

Mengenal Kekerasan Mineral

Dalam tulisan ini yang akan di bahas adalah mineral dalam pengertian pertambangan, walaupun dalam bidang farmasi dikenal juga istilah mineral yang merujuk pada vitamin dan unsur -unsur logam yang terkandung dalam suatu bahan makanan.

Merujuk kepada International Mineralogical Association (IMA) definisi mineral adalah  suatu unsur atau senyawa kimia yang dalam keadaan normal nya memiliki bentuk kristal dan terbentuk akibat proses geologi (Ernest H. Nickel, IMA Report 1995).

Tingkat kekerasan mineral yang terkenal di ukur berdasarkan skala Mohs. Skala ini ditemukan oleh seorang ahli mineral Jerman yang bernama Friedrich Mohs, pada tahun 1812. Kekerasan mineral berkenaan dengan ketahanan mineral terhadap goresan.


Berikut diurutkan skala kekerasan mineral standar mulai dari skala terlunak (Skala 1) sampai skala terkeras (skala 10).


Skala Mohs           Nama Mineral           Rumus Kimia
 
     1                     Talk                         Mg3Si4O10.(OH)2
     2                     Gypsum                    CaSO4.2H2O
     3                     Kalsit                       CaCO3
     4                     Flourit                      CaF2
     5                     Apatit                      Ca5(PO4)3.(OH,F,Cl)
     6                     Feldspar                   KAlSi3O8
     7                     Kuarsa                     SiO2
     8                     Topaz                      Al2(FOH)2SiO4
     9                     Korondum                 Al2O3
     10                   Intan                        C

Bila ingin mengetahui tingkat kekerasan suatu mineral lain, atau benda keras lainnya dapat dilakukan dengan cara menggoreskan benda yang ingin diketahui tingkat kekerasannya dengan mineral standar  skala Mohs tersebut, sebab mineral yang lebih lunak akan tergores oleh mineral yang lebih keras.

Sebagai contoh kuku jari kita dapat menggores talk (skala 1) dan juga dapat menggores gypsum (skala 2), tapi tidak dapat menggores Kalsit (skala 3) berarti kuku jari mempunyai tingkat kekerasan >2 dan <3. Baja mempunyai tingkat kekerasan sekitar 6 jadi pisau lipat yang terbuat dari baja tidak dapat menggores kaca yang terbuat dari kuarsa yang berskala 7. Sedangkan intan adalah mineral yang paling keras karena itu sering disebut kilau intan adalah abadi karena memang tidak ada yang dapat menggoresnya,juga ini adalah alasan mengapa intan yang digunakan sebagai mata bor dalam eksplorasi bahan tambang.

Semoga tulisan ini dapat menambah pengetahuan sobat muda semua.

Salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar